Sunday, February 2, 2020

7 Cara Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis

Ilustrasi gambar

Kebiasaan buruk saat punya kuota banyak  adalah menghabiskannya. Ya di zaman sekarang ketika berbagai media dan informasi  menggunakan internet maka kuota sangat dibutuhkan.

Terkadang  kita  terlena dengan banyaknya  kuota yang  kita  beli sehingga membuat kita tanpa sadar menghabiskannya dalam waktu  singkat. Jadi  tak heran bila baru kemaren beli kemarennya lagi sudah habis dan beli lagi, mungkin bagi para orang kaya/sultan  itu  tidak terlalu  berdampak  tapi bagi para  fakir kuota  ini sungguh mencemaskan karena harus membeli kuota  setiap  saat.

Maka dari itu demi kebaikan dompet anda,  akan lebih  baik kalau  kita mengetahui bagaimana cara menghemat kuota  internet  agar  tidak  boros dan cepat habis :

1. Batasi  penggunaan  data  internet

Cara yang pertama adalah dengan membatasi penggunaan  data  internet setiap hari.

Baca juga : 12 cara agar HPmu tidak cepat panas saat bermain game

Cobalah untuk mengatur diri agar bisa membatasi penggunaan  data  internet seperti yang kita inginkan, misalnya perhari  hanya  200  MB  maka ketika pemakaian kuota sudah mencapai 200 MB Anda  harus  mematikan  data internet dan memulainya kembali besok, dengan  begitu maka pengeluaran  kuota internet akan lebih stabil dan tidak berlebihan.

2. Kurangi  penggunaan  aplikasi  online
Ilustrasi gambar

Kurangilah  penggunaan  aplikasi  online seperti YouTube, Instagram serta ada banyak  lagi  yang umumnya  aplikasi seperti ini  akan  menguras kuota Anda dalam  waktu  singkat maka  dari  itu lebih  baik  anda  membatasi dan mengurangi penggunaannya.

3. Hindari  game  online  yang  boros  data

Ada  beberapa  game  yang  bisa menguras kuota secara cepat misalnya game yang  menggunakan GPS  dan game yang mendownload grafik ketika di mainkan,  jika  anda  ingin  menghemat data lebih baik  untuk  menghindari memainkan game online tersebut.

4.atur  mode  download  otomatis  ke mode  melalui  WiFi  saja

Aplikasi seperti YouTube dan playstore biasanya akan  mendownload  secara otomatis  ketika  ada pembaruan,  tentu itu akan  sangat  menguras kuota  jika terjadi berulang kali.

untuk  menghindarinya  lebih  baik  Anda mengubah  mode  download  pada setelan  ke mode  download melalui Wi-Fi saja  dengan begitu maka  aplikasi  ini tidak  akan mendownload secara otomatis  ketika  data internet dihidupkan.

5.hapus  aplikasi  penguras  kuota
Ilustrasi gambar

Apabila  cara  diatas  tidak  bisa  membuat Anda berhenti  boros  maka  ada  baiknya  bila  Anda menggunakan cara ini.

Caranya yaitu dengan menekan aplikasi yang menurut  anda  boros  lalu  geser  ke bagian atas layar gambar tong sampah  lalu  lepaskan  dan tekan  Ok, cara ini terbukti ampuh jika anda tidak menginstalnya  kembali.

6. Gunakan  mode  offline  pada  google maps

Salah satu aplikasi penguras data adalah google maps,  karena  kegunaannya untuk navigasi dan pencarian tempat aplikasi  ini  diharuskan  untuk memproses traffic dan lokasi secara sempurna sehingga  hal  itu  akan  membuat  kuota  jadi lebih boros.

Untuk menghemat kuota internet akan lebih  baik bila  anda  menggunakan google  maps  dalam mode offline dengan begitu maka anda tidak perlu khawatir lagi dengan borosnya kuota internet.

7. Gunakan  internet  seperlunya  saja dan matikan  mode  sinkronisasi

Jangan  membiarkan  data  internet  terus terusan menyala  jika  sudah  tidak  digunakan, apalagi jika mode sinkronisasi aktif maka kuota internet anda akan  terkuras secara otomatis oleh karena itu lebih  baik  anda menonaktifkan mode sinkronisasi melalui pengaturan  ponsel supaya dapat mencegah aplikasi android melakukan sinkronisasi dengan server  google secara otomatis.

Lebih bijaklah dalam menggunakan internet  jika memang  tidak  dibutuhkan lebih baik untuk dimatikan ada baiknya jika  kita   menggunakan internet  ketika  benar benar dibutuhkan.

Semoga dapat bermanfaat.


Kategori : Gatget/tips

3 comments:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  2. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete

  3. ayo daftarkan diri anda di AJOQQ :D
    menangkan jackpot dengan sebanyak-banyaknya :D

    ReplyDelete