Monday, January 13, 2020

Pahami penyebab mengapa ponselmu jadi cepat panas......?

Pahami penyebab mengapa ponselmu jadi cepat panas

Hape yang panas merupakan suatu masalah yang seringkali kita jumpai disaat kita memainkan gadget. Ya, panas pada ponsel memang sudah menjadi hal yang biasa, namun apabila suhu pada ponsel terlalu panas itu akan mempengaruhi kinerja pada baterai serta dapat membuat ponsel menjadi rusak.

Oleh sebab itu untuk menghindarinya dan mencegahnya kita harus memahami penyebab mengapa ponselmu jadi cepat panas.

1.CPU ponsel yang rendah

CPU atau Central Processing Unit adalah hardware yang berfungsi untuk menerima dan memproses aktivitas yang datang dari berbagai data dan perintah yang dijalankan oleh pengguna ponsel tersebut.

Jumlah core dan frekuensi pada CPU sangat berpengaruh bagi kinerja sistem pada ponsel, misalnya CPU dengan frekuensi kerja yang rendah dan jumlah core yang sedikit akan membuat sistem jadi lebih cepat panas oleh sebab itu maka diperlukan kualitas CPU yang lebih tinggi dan jumlah core yang lebih banyak supaya membuat ponsel tidak akan cepat panas.

2.Memainkan ponsel sambil dicas

Ketika kita menggunakan ponsel saat sedang dicas maka daya yang masuk pada baterai otomatis juga akan keluar karena secara bersamaan kita juga sedang menggunakkanya, hal itu akan membuat pengisian baterai berjalan lebih lambat. 

Memainkan handphone disertai dengan pengecasan secara terus menerus dapat membuat baterai mengalami peningkatan suhu secara cepat, dan perlu diketahui bahwa panas yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada baterai.

3. Memainkan game berat pada GPU yang rendah

Saat kita bermain game kadangkala handphone menjadi cepat panas biasanya terjadi ketika kita memainkan game game berat. Itu terjadi karena GPU pada ponsel memiliki proses render yang rendah sedangkan kita memainkan game dengan render graphic yang sangat banyak sehingga menyebabkan GPU ( Grapic Processing Unit ) mengalami kesulitan dalam membaca dan memproses graphic pada game.

4.Pemakaian internet dan aplikasi

Pemakaian internet pada aplikasi tertentu juga dapat membuat ponsel jadi lebih cepat panas contohnya menonton youtube atau memainkan video streaming apalagi jika kamu menggunakanya terlalu lama tentu itu akan membuat hapemu menjadi lebih cepat panas.

5.Suhu pada lingkungan panas

Hindari memainkan ponsel pada suhu  yang dapat membuat hpmu jadi lebih cepat panas, contohnya memainkan ponsel pada cuaca yang panas atau dibawah teriknya sinar matahari. Karena perlu diperhatikan bahwa suhu pada lingkungan juga dapat mempengaruhi  ponsel anda jadi lebih cepat panas.

6.Kinerja baterai yang mulai rusak

Apabila baterai pada hpmu sudah mulai rusak maka akan sangat wajar jika kamu sering mendapati suhu pada ponselmu menjadi cepat panas dan bahkan sering kali smartphone bisa mati secara mendadak. 

Untuk mengetahuinya coba cek bagian belakang tepat di posisi baterai jika suhu pada baterai mengalami peningkatan secara tidak normal atau smartphone terasa panas secara berlebihan maka bisa dipastikan bahwa baterai anda sudah mulai rusak.

7.Banyak aplikasi yang masih berjalan

Ya, biasanya kita lupa mematikan aplikasi yang masih berjalan apalagi jika keadaan internet masih menyala tentunya ini akan membuat CPU bekerja lebih berat karena harus menjalankan aplikasi secara bersamaan, hal ini akan membuat kinerja processor berjalan jadi lebih lambat dan akan membuat ponsel jadi lebih cepat panas.

8.Adanya virus dan malware

Adanya virus atau malware pada smartphone juga dapat menyebabkan ponsel anda jadi cepat panas. Suhu baterai menjadi cepat panas biasanya diakibatkan karena adanya penyebaran virus dan malware yang memanfaatkan energi/daya pada baterai sehingga membuat baterai mengalami perubahan suhu secara cepat. Selain itu virus atau malware juga sering memakan  data anda secara perlahan.

faktor penyebabnya biasanya karena sering menginstal aplikasi selain dari playstore atau file file pada berkas yang belum dibersihkan, cara mengatasinya yaitu dengan membersihkannya melalui  aplikasi keamanan yang sudah tersedia pada ponsel atau anda juga bisa menginstalnya melalui playstore.

2 comments:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  2. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)

    ReplyDelete