Friday, December 20, 2019

Cara mudah mengatasi susah tidur


   Susah tidur atau bisa juga disebut dengan insomnia adalah suatu penyakit yang dimana penderitanya mengalami kesulitan untuk bisa tertidur dengan pulas, terkadang mereka membutuhkan waktu berjam-jam di atas kasur hanya untuk bisa tertidur biasanya penyakit ini disebabkan oleh adanya stres, depresi, obat obatan dan suatu penyakit tertentu. Tidur memang merupakan suatu kebutuhan yang sangat diperlukan bagi setiap orang terutama bagi pekerja yang selalu sibuk di siang hari, karena kurangnya tidur dapat mempengaruhi stamina dan aktivitas saat melakukan pekerjaan.  berikut ini adalah cara mengatasi susah tidur yang dapat anda lakukan di malam hari:

1.Meminum susu
   
   Meminum susu sebelum tidur memang   sangat baik untuk kualitas tidur yang nyenyak, karena tak hanya mempunyai banyak vitamin dan gizi yang tinggi susu juga mengandung triptofan. Triptofan adalah protein yang sangat diperlukan bagi tubuh manusia, triptofan mengandung hormon perangsang tidur atau melatonin yang dapat menyebabkan rasa kantuk pada tubuh karena itulah susu sangat baik untuk membantu kita mempercepat tidur.   


2.Membaca buku 

   Cobalah menyempatkan waktu membaca buku sebelum tidur karena dengan membaca buku dapat membuat mata dan otak kita merasa lelah sehingga menyebabkan rasa kantuk ditambah dengan tubuh yang kelelahan setelah melakukan aktivitas seharian, mungkin cara ini efektif untuk membantu anda tertidur.


3.Cobalah membuat tempat tidurmu lebih   nyaman

Biasakan terlebih dahulu mbersihkan kasur dari kotoran-kotoran dan debu lalu buatlah tempat tidurmu jadi senyaman mungkin, karena dengan membuat tempat tidurmu nyaman maka badan akan lebih siap untuk beristirahat.

4.Mematikan lampu

Cara selanjutnya adalah dengan mematikan lampu saat hendak tidur, karena suasana yang gelap dapat memperlancar kinerja hormon melatonin pada tubuh yang dapat membantu mempercepat tidur dengan kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu tidur dengan lampu menyala juga tidak baik untuk kesehatan karena dapat memicu berbagai penyakit.

5.Jangan tidur terlalu malam

Tidur terlalu malam atau begadang memang sering dilakukan bagi sebagian orang terutama bagi seorang pekerja yang lembur, seorang polisi yang berpatroli atau seorang pelajar yang sedang ujian. Tentu hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan karena dapat mengurangi durasi tidur yang cukup, banyak ahli mengatakan bahwa durasi tidur yang baik adalah antara 7 sampai 9 jam sehari. Begadang juga dapat menyebabkan stres oleh karena itu biasanya mereka mengonsumsi obat obatan tertentu dan obat obatan merupakan salah satu penyebab insomnia, jadi hindarilah tidur terlalu malam karena mungkin itu salah satu penyebab anda mengalami susah tidur.

6.Lakukan peregangan sebelum tidur

Saat kita hendak tidur biasanya tubuh masih terasa kaku karena telah menjalani aktivitas selama seharian, sebelum tidur cobalah melakukan peregangan pada tubuh lakukan seperti gerakan senam lalu cobalah untuk tidur. Peregangan dilakukan agar dapat membuat otot menjadi lebih rileks dan membuat tubuh menjadi lebih siap untuk beristirahat.

1 comment:

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete