Monday, December 23, 2019

Benarkah mandi di malam hari berefek buruk bagi kesehatan, ini dia 7 dampaknya

Benarkah mandi di malam hari berefek buruk bagi kesehatan, ini dia 7 dampaknya

Siapa sih yang tidak pernah mandi, mungkin semua orang di dunia ini pernah melakukannya karena mandi merupakan suatu kebutuhan yang sangat diperlukan bagi setiap orang. Selain karena dapat membersihkan diri dari kotoran mandi juga dapat membuat badan jadi lebih segar. Tetapi pernahkah anda mandi di malam hari dan pernahkah anda menyadari apakah dampak negatif jika melakukannya. jadi berikut ini merupakan dampak negatif dari mandi di malam hari:

1.Memperparah rematik
banyak orang berpendapat bahwa mandi di malam hari dapat menyebabkan penyakit rematik namun jika memang demikian maka negara seperti Jepang dan negara negara lain yang sering melakukan mandi pada malam hari akan menjadi negara dengan pengidap rematik tertinggi, namun kenyataannya memanglah tidak demikian karena mandi malam bukanlah penyebab utama penyakit rematik, tapi bagi orang yang mengidap penyakit  rematik disarankan untuk tidak mandi di malam hari karena dapat menyebabkan otot otot menjadi kaku sehingga dapat memperparah penyakit rematik.

2.Menyebabkan demam
ketika kita mandi dengan air dingin maka tubuh kita akan melakukan penyesuaian pada suhu yang dingin, namun bagi anak-anak terutama balita mandi malam sangat berdampak besar bagi kesehatan mereka, karena dapat menyebabkan perubahan suhu yang begitu cepat sedangkan tubuh mereka belum mampu melakukan penyesuaian suhu dengan cepat, oleh karena itu perubahan suhu tubuh secara tiba-tiba dapat menyebabkan anak sangat rentan terkena demam. Jika memang ingin mandi di malam hari usahakan menggunakan air hangat.

3.Osteoporosis
Tak banyak yang menyadari bahwa mandi di malam hari ternyata dapat mempercepat terjadinya osteoporosis. Itu terjadi karena bagi seseorang yang sering melakukan mandi malam berkemungkinan besar meningkatkan resiko terjadinya pengeroposan pada tulang sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjangkitnya osteoporosis lebih cepat pada umumnya.

4.Hipotermia
Hipotermia adalah keadaan dimana tubuh mengalami kesulitan untuk menyesuaikan suhu tubuh pada keadaan semula dikarenakan suhu dingin yang terlalu ekstrim. Bagi orang dewasa mungkin ini tidak terlalu berpengaruh tapi  bagi anak-anak yang masih usia belia mandi malam dapat beresiko menyebabkan terjadinya hipotermia, karena mekanisme kinerja tubuh mereka yang masih belum sempurna untuk mengatasi suhu yang dingin.

5.Menghambat pertumbuhan
Seperti poin diatas jika anak mengalami hipotermia maka tubuh akan melakukan pembakaran kalori dalam jumlah besar untuk mempertahankan suhu tubuh, pembakaran kalori secara berlebihan bisa menyebabkan pertumbuhan pada anak terganggu.

6.Penuaan dini
Efek mandi menggunakan air dingin di malam hari juga dapat menyebabkan penuaan dini, penuaan dini dapat terjadi apabila sistem metabolisme pada tubuh terganggu yang berdampak pada kulit sehingga terjadi proses penuaan yang lebih cepat.

7.Mudah pilek dan masuk angin
Dikarenakan keadaan suhu tubuh yang masih panas setelah melakukan aktivitas selama seharian maka mandi di malam hari sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan tubuh menjadi sangat rentan terkena pilek dan masuk angin.

0 comments:

Post a Comment