Friday, January 24, 2020

12 cara agar HPmu tidak cepat panas saat bermain game

12 cara agar HPmu tidak cepat panas saat bermain game

Ada banyak permasalahan yang sering  kita alami saat bermain game salah satunya yang paling umum adalah HP jadi cepat panas. Ya, hp yang panas memang merupakan masalah yang seringkali kita alami, entah itu karena terlalu lama bermain game atau memang kondisi baterai yang sudah mulai rusak.

Baca juga : Pahami penyebab mengapa ponselmu jadi cepat panas......?

Bagi para gamer bermain game memang sudah menjadi kebutuhan hidup namun apa yang terjadi jika saat bermain game tiba-tiba HP menjadi panas, tentu itu akan sangat menggangu apalagi jika kita sedang asik asiknya bermain game.

Lalu bagaimana caranya agar HP jadi tidak cepat panas...?

1. Sesuaikan Grapic yang mendukung

Langkah pertama adalah dengan menyesuaikan Grapic game yang mendukung pada ponsel. Biasanya dalam pengaturan game terdapat mode Grapic yang dapat disesuaikan misalnya seperti Low, Medium, atau High cobalah untuk milih Grapic yang sesuai dengan ponsel anda, ini difungsikan agar HP yang mempunyai GPU dengan proses render Grapic yang rendah akan dapat mengoptimalkan kinerja jadi lebih baik.

Karena apabila dipaksakan dengan Grapic yang tinggi maka akan dapat membuat GPU bekerja lebih keras untuk membaca Grapic pada game sehingga proses ini akan menyebabkan HP jadi lebih cepat panas.

2. Atur tingkat kecerahan layar

Selain dapat menghemat baterai mengatur kecerahan layar juga dapat mengurangi suhu panas pada ponsel, misalnya ketika Anda sedang bermain game dan mendapati suhu pada ponsel menjadi panas maka apabila kamu menyeting layar HPmu pada tingkat kecerahan yang tinggi cobalah untuk menguranginya ketingkat kecerahan yang paling rendah, dengan begitu maka suhu panas pada ponsel akan dapat berkurang.

3. Jangan main sambil dicas

Kegiatan yang seringkali kita lakukan saat bermain game adalah memainkan game sambil dicas, kejadian ini sering terjadi disaat kita sedang terlalu asyik memainkan game lalu tiba-tiba baterai menipis dan tanpa pikir panjang kita langsung mengecasnya  sambil memainkannya.

Sebaiknya Anda berhenti melakukan kebiasaan ini selain membuat HP jadi cepat panas hal ini juga dapat menyebabkan HP jadi mudah rusak. Memainkan game sambil dicas, sungguh itu adalah perbuatan yang tercela.

4. Matikan GPS/Wi-Fi ( jika tidak dipakai )

Salah satu penyebab HP jadi cepat panas adalah karena GPS dan WI-FI yang masih menyala, maka dari itu sebelum memainkan game perlu juga Anda memastikan GPS dan WI-FI sudah dimatikan.

Karena sinyal WI-FI yang terus menyala dapat membuat jaringan terus mencari koneksi WI-FI yang dapat dihubungkan serta GPS yang masih dihidupkan secara otomatis akan terus memproses lokasi diarea sekitar, proses inilah yang biasanya menyebabkan HP jadi lebih cepat panas.

5. Bersihkan aktivitas latar belakang

Bagi kamu yang sering bermultitasking mungkin hal ini memang sering dilakukan tapi apabila kamu sedang memainkan game maka usahakan untuk membersihkan aktivitas latar belakang terlebih dahulu.

Selain membuat HP jadi cepat panas hal ini juga berpengaruh pada kinerja ponsel yang berjalan jadi lebih lambat/lemot, maka dari itu membersihkan aplikasi latar belakang dapat membantu mengurangi beban kerja pada ponsel.

6. Perhatikan spesifikasi ponsel anda

Jika kamu memakai HP dengan spek yang rendah maka sebaiknya jangan memainkan game yang berat atau game yang kurang mendukung pada ponsel Anda.

Misalkan Anda mempunyai HP dengan GPU ( Grapic Processing Unit ) yang memiliki render Grapic rendah, maka apabila kamu memainkan game yang berat maka GPU pada ponsel Anda akan kesulitan membaca Grapic pada game tersebut karena biasanya game yang berat mempunyai render Grapic yang sangat banyak.

7. Pastikan sinyal mendukung

Ketika memainkan game online biasanya kita diwajibkan untuk memiliki jaringan yang stabil hal ini difungsikan agar koneksifitas saat bermain game tidak terputus.

Sebelum memainkan game sebaiknya kamu memeriksa terlebih dahulu kestabilan jaringan pada hpmu, jika kamu memiliki sinyal yang buruk maka urungkanlah niat memainkan game online terlebih dahulu sampai kondisi sinyal mulai stabil.

Perlu diperhatikan bahwa sinyal yang kurang stabil akan membuat Hpmu jadi cepat panas.

8. Mengganti baterai dengan yang baru

Apabila baterai sudah mulai rusak maka akan sangat wajar bila HP jadi cepat panas. Baterai rusak dapat disebabkan oleh beberapa faktor contohnya seperti seringnya memainkan ponsel sambil dicas, membiasakan HP terlalu panas, memainkannya terlalu lama sampai overhit dan ada banyak lagi.

Jika memang baterai sudah mulai rusak maka sebaiknya Anda menggantinya. Namun biasanya ini diperuntukkan pada penggunaan baterai yang dapat dilepas, kalau baterai tanam mungkin agak merepotkan ya, karena harus bongkar pasang jugalah.

9. Matikan jaringan internet pada game offline

Menggunakan internet pada game offline hanya akan membuat HP jadi cepat panas, selain itu juga banyak iklan iklan bertebaran yang hanya akan menggangu saat bermain game.

Jikalau memang tidak dibutuhkan kenapa juga mengaktifkan internet, padahal itukan cuma game offline.

10. Bermainlah di tempat yang sejuk

Jika kamu memainkan game pada tempat yang panas maka tidak menutup kemungkinan kalau hpmu juga akan  cepat panas, misalnya seperti memainkan game pada suhu dan temperatur ruangan yang tinggi atau juga karena memainkan ponsel dibawah teriknya sinar matahari.

Usahakan untuk bermain di tempat yang sejuk atau di dalam ruangan yang dingin, dengan begitu maka suhu pada ponsel akan dapat lebih terjaga.

11. Hindari memainkan game terlalu lama

Normalnya bermain game itu hanya satu hingga dua jam saja jika lebih dari itu biasanya hp akan mengalami overhit atau panas yang berlebihan.

Seperti halnya manusia HP juga perlu istirahat, jika memang sudah terlalu panas maka lebih baik untuk mengistirahatkannya misalnya dengan mematikan HP atau membiarkannya hingga beberapa jam sampai keadaan suhu seperti sedia kala.

12. Gunakan aplikasi pendingin

Langkah terakhir adalah dengan memasang aplikasi pendingin. Untuk beberapa alasan menggunakan aplikasi pendingin juga diperlukan untuk membuat HP tidak cepat panas saat bermain game.

Aplikasi pendingin memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat misalnya seperti mendinginkan hp dan dapat menjaga temperatur suhu pada ponsel.

Itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat bermain.



Kategori : Gadget/tips

2 comments:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete

  2. AJOQQ menyediakan 9 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    ReplyDelete